Langsung ke konten utama

Bisnis Online


Definisi Bisnis Online

 

Bisnis online itu apa sih? Definisinya? Yuk kita bahas sama-sama selagi ane ngerjain tugas buat mata kuliah pengantar bisnis :D. Pasti kalo lagi browsing iseng-iseng di internet, kita akan menemukan iklan-iklan yang menawarkan barang atau jasa, apalagi kalo ane lagi kaskusan, iklan-iklan banyak berjibun di kaskus. Hehehe. Sebenernya iklan-iklan tersebut siapa yang buat sih? Trus apa tujuannya? Nih menurut berbagai sumber yang ane baca, ane menyimpulkan bahwa ‘bisnis online’ itu adalah segala kegiatan transaksi menjual dan membeli yang berlangsung secara online dan menggunakan fasilitas internet sebagai medianya.

Ribet? Enggak kok, jadi barang yang dijual pada bisnis ini bisa dalam bentuk barang atau jasa, nah supaya barang atau jasa yang akan dijual dikenal orang, si pebisnis online ini mempromosikannya menggunakan iklan-iklan gak berbayar yang dipasang di web-web biasa atau iklan-iklan berbayar di web-web terkenal misalnya Kaskus (tongkrongan online ane :D), tokobagus, berniaga, dan lain-lain. Belakangan ini bisnis online makin tumbuh subur di internet, apalagi iklan-iklan yang gratis, so makin hari makin bertambah banyak. Gimana gak bertambah banyak ya, kan iklan-iklannya bisa dibuat secara gratis dan banyak website yang menyediakan jasa pembuatan iklan secara gratis. Berikut ini adalah media dan tempat promosi bisnis online.

Media atau Tempat Promosi Bisnis Online

1.      Promosi Bisnis Online via Mesin Pencari

Google!!! Siapa yang tidak tahu google? Kalau anda tahu internet pasti tahu google. Bahkan internet sudah melekat erat dengan yang namanya google. Sebenarnya apa sih google? Google adalah search engine atau mesin pencari yang bertugas mengindek semua informasi yang tersebar di dunia maya yang kemudian memberikannnya kepada anda ketika anda memintanya. Contoh anda meminta informasi tentang bisnis online, maka google akan memberikan informasi yang anda inginkan. Nah bagaimana caranya mempromosikan bisnis online via google. Tentu dengan cara mensubmit web/blog bisnis online kita ke google.

Mengapa harus promosi online via google? Karena google adalah mesin pencari dengan tingka pengguna paling banyak digunakan oleh para netter. Sebenarnya masih banyak lagi mesin pencari yang dapat anda gunakan sebgai media prmosis bisnia online anda, diantaranya adalah Bing, MSN, Yahoo dan masih banyak lagi.

2.      Promosi Bisnis Online via Web/Blog Direktori

Web/blog direktori adalah situs yang secara khusus mengindek web atau blog dengan kategori-kategori tertentu. Misalkan anda ingin agar web/blog bisnis online anda terindek oleh web/direktori, maka anda harus mensubmitnya berdasarkan kategori bisnis online. Bahkan ada sebagian yang menambahkan kategori berdasarkan bahasa yang digunakan oleh web/blog kita. Web/blog direktori yang dapat anda gunakan adalah Dmoz, Technocrati dan lain sebagainya. Cukup anda cari di google dengan kata kunci atau keyword web/blog direktori gratis, maka google akan memberikannya untuk anda.

3.      Promosi Bisnis Online via Web/Blog

Kalau anda mengikuti sebuah bisnis affiliasi, reseller atau anda menjual produk anda sendiri, anda bisa mempromosikannya via web/blog, baik web/blog anda sendiri maupun web/blog orang lain. Kabar baiknya adalah untuk membuat sebuah blog kita tidak perlu mengeluarkan uang, free alias gratis. Lalu bagaimana caranya mempromosikannya bisnis online via web/blog orang lain secara gratis. Yaitu dengan cara memberikan komentar pada web/blog milik orang lain dengan memberikan tautan ke web/blog bisnis kita. Tentu kita harus memberikan komentar pada web/blog yang memberikan fasilitas tautan link.

4.      Promosi Bisnis Online via Sosial Network

Sosial network  adalah situs yang berfungsi menghubungkan manusia satu dengan manusia yang lainnya secara online. Contoh adalah facebook dan twitter. Tinggal anda buat akun pada facebook dan twitter kemudian cari teman sebanyak mungkin, dan promosikanlah bisnis anda kepda teman-teman anda. Siapa tahu dari sekian banyak teman facebook atau twitter anda ada yang tertarik dengan bisnis anda.

5.      Promosi Bisnis Online via Milist (Maling List)

Ada banyak milist di internet yang secara khusus mebahas masalah bisnis online. Bergabunglah dan kirimkan tawaran-tawaran anda secara berkala dan kontinyu kepada milist.

6.      Promosi Bisnis Online via Forum Online

Forum adalah tempat berkumpulkan orang-orang dengan bermacam-macam interest. Salah satunya adalah interest terhadap bisnis online. Bergabunglah dengan forum tersebut, berikan sapaan kepada para senior yang ada kemudian tawarkan bisnis anda kepada para anggota forum. Siapa tahu ada yang tertarik.

Forum yang paling terkenal saat ini adalah kaskus. Silakan ikut ane begabung di kaskus dan tawarkan bisnis ente di sana gan :D :ngacir


Kelebihan Bisnis Online

      1.   Biaya Murah & Terjangkau

Biaya promosi dan pemasaran bagi sebagian produk yang dipasarkan, memerlukan biaya cukup besar. Setiap produk punya persentase biaya pemasaran yang berbeda-beda. Bermacam bentuk pemasaran yang sering dilakukan yaitu melalui media iklan, seperti iklan cetak di surat kabar, majalah, brosur, atau profil perusahaan (company profile). Iklan lain dengan biaya tak kalah mahal, lewat media elektronik seperti TV dan radio. Melalui media internet, biaya pemasaran dari produk yang kita tawarkan jadi lebih terjangkau.
Pertama, tak harus mencetak brosur, karena semuanya sudah bisa ditampilkan di situs (website). Kedua, biaya pembuatan situs, pemeliharaan, dan perpanjangannya juga amat terjangkau, sehingga bisa dilakukan semua orang.
 

2.   Jangkauan Penjualan Luas 
 
Berbisnis secara online secara langsung sudah melakukan promosi dan marketing secara online tanpa batas menembus lintas negara. Sebab, bisnis via internet bisa diakses siapapun dari seluruh dunia. Sehingga pasar dari produk yang akan anda tawarkan tak hanya di Indonesia saja, tapi juga bisa ke orang-orang asing.

            3.   Tak Perlu Toko
 
Dengan berbisnis via internet, Anda tak memerlukan toko untuk memajang barang dagangan yang ditawarkan. Sehingga bisa menghemat biaya operasional, yaitu biaya sewa dan biaya lain seperti listrik, air, dan lainnya, termasuk pramuniaga (penjaga toko). 

4.   Tak Perlu Gudang & Tempat Luas Untuk Stok Barang
 
Salah satu keunggulan dari berbisnis via internet ini seringkali pebisnis tak perlu tempat alias gudang besar untuk stok barang/ dagangannya, sehingga bisa menghemat biaya gudang atau sewa tempat. Salah satu contoh pebisnis lewat internet adalah DELL Computer di Amerika Serikat, yang menjual komputer melalui internet.



Kekurangan Bisnis Online

            1.   Resistensi Membeli Secara Online
 
Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.

            2.   Sistem Pembayaran
 
Salah satu penyebab nomor 3 atas resistensi membeli atau berbelanja secara online, karena “dirasakan” rumitnya sistem pembayaran untuk transaksi online. Banyak orang meragukan transaksi dengan pembayaran ke rekening langsung melalui transfer bank, karena takut tertipu.
Metode yang sering dilakukan, pakai kartu kredit. Sayangnya, banyaknya penipuan kartu kredit di Indonesia untuk transaksi online, menyebabkan pembayaran kartu kredit di Indonesia ditolak. Metode lainnya, dengan uang elektronik atau dompet elektronik. Tapi, tak semua orang familiar dengan metode ini, dan dirasa amat merepotkan.
 

3.   Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet
 
Pengguna internet (khususnya di Indonesia, jika hanya ingin memasarkan di Indonesia), relatif anak muda. Orang tua usia di atas 45 tahun hanya sedikit yang menggunakan internet sebagai media transaksi (kecuali sebagian untuk transaksi perbankan). Sehingga, bila barang yang Anda pasarkan menargetkan kalangan atas dengan usia lebih “matang”, kemungkinan akan lebih memilih transaksi secara konvensional.


Mau CoPas? Cantumkan Sumbernya!


Komentar

Posting Komentar

Terpopuler

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama (Memorandum of Understanding / MoU)

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA Pada hari ini, tanggal 27 bulan Maret tahun 2011, di Jakarta. Kami yang bertanda tangan dibawah ini:          Nama           : xxxx xxxxxxxx          No. KTP      : xx.xxxx.xxxxxx.xxxx          Jabatan         : Creative Director          Alamat         : Jl. xx RT xx/xx No. xx Kel. xx Kec. xx Jakarta Timur 13720          No. Telepon : xxx xxx xxx xx          No. HP         : xxx xxx xxx xx Yang dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Komunitas xxx dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA .          Nama           : Dian Kurniawan          No. KTP      : xx.xxxx.xxxxxx.xxxx          Sekolah        : SMAN 99 Jakarta          Jabatan         : Project Manager Experience 2011          Alamat         : Jl. xxx RT xx/xx No. xx Kel. xxx Kec. xxx Kota Depok 16954          No. Telepon : -          No. HP         : xxx xxx xxx xx Yang dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pihak Panitia dan selanjutnya disebut PIHAK KEDUA . PA

Pengertian Metode ABC (Activity Based Costing)

Activity Based Costing (ABC)  Activity Based Costing (ABC) adalah metode costing yang dirancang untuk menyediakan informasi bagi manajer untuk keputusan stratejik dan keputusan lainnya yang mungkin akan mempengaruhi kapasitas dan juga biaya tetap. ABC juga digunakan sebagai elemen activity-based management, yaitu pendekatan manajemen yang fokus pada aktivitas. Activity Based Costing dapat diartikan juga sebagai penentuan harga pokok produk berdasarkan kegiatan atau aktivitas. Dalam sistem akuntansi biaya tradisional, tujuannya adalah untuk menilai secara tepat persediaan dan harga pokok penjualan untuk pelaporan keuangan eksternal. Tujuan dari ABC adalah memahami overhead dan profitabilitas produk dan konsumen. Sebagai konsekuensi perbedaan tujuan ini, praktek ABC memiliki perbedaan dengan sistem akuntansi biaya tradisional. Dalam ABC: Biaya produksi dan non produksi dibebankan ke produk Beberapa biaya produksi tidak dimasukkan ke biaya produk Ada sejumlah pool b

Pengertian Organisasi

ORGANISASI I. Definisi Organisasi Organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk mewujudkan suatu tujuan bersama. Beberapa pengertian mengenai organisasi menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut : Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Stephen P. Robbinss menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.  Dalam arti manajemen organisasi memiliki beberapa pengertian ya

Tata Cara Mendirikan Koperasi

Tata Cara Mendirikan Koperasi Sekilas Tentang Koperasi Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan melaksanakan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sehingga sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Cara pendirian koperasi cukup panjang, dimulai dari Rapat Persiapan, penelitian terhadap materi Anggaran Dasar, hingga pengesahan untuk diterbitkannya SK yang bisa memakan waktu paling lama 3 bulan. Oleh karena itu, koperasi yang akan dibuat dan di sahkan nanti haruslah mempunyai kemungkinan perolehan laba yang baik. Koperasi yang nantinya dibangun harus sanggup mengikuti prosedur Pemerintah pada: Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian Menurut Undang-undang No. 25 Tahun 1992: Koperasi adalah Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas k

Structure and Written Expression (1st skill)

Structure and Written Expression (1st skill) A. Pengertian TOEFL TOEFL adalah kependekan dari Test Of English as a Foreign Language (test bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS ( Educational Testing Service ), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Tes TOEFL ini diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua Universitas di Amerika Serikat dan Kanada yang kemudian juga bagi mahasiswa yang mendaftar ke Universitas Eropa dan Australia. Tes ini program Undergraduate (S1) maupun Graduate (S2 ataupun S3). Secara umum tes ini untuk menilai:  Mahasiswa mempunyai kemampuan menulis dan tata bahasa dalam bahasa Inggris agar mampu membuat tulisan ilmiah. Mahasiswa mempunyai kemampuan membaca Bahasa Inggris dengan baik dan benar agar nantinya bisa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan. Mahasiswa mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik dan benar mengenai uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris.  Umumnya tes ini memakan waktu sekitar tig